Jumat, 07 Maret 2014

TUGAS SEJARAH ARSITEKTUR
Pada pelajaran kuliah pengantar arsitektur saya mendapatkan tugas untuk membuat maket rumah adat yang ada di indonesia. Kemudian saya mencoba untuk mencari informasi mengenai rumah adat di indonesia, setalah itu saya menetukan untuk membuat maket rumah adat GAJAH BALIKU. Ini adalah sedikit referensi tentang rumah adat gajah baliku.
RUMAH ADAT GAJAH BALIKU adalah salah satu jenih rumah adat baanjung yaitu rumah tradisional suku banjang yang berada di kalimantan selatan. rumah adat ini hanya di tempati oleh keturunan dari sultan. sekarang sudah banyak penduduk biasa yang menempati rumah adat gajah baliku.
Rumah gajah baliku memiliki kemiripan dengan rumah bubungan tinggi, tetapi adat perbedaannya yaitu pada ruang palirang ( ruang tamu ) pada rumah bubungan tinggi keadaan lantainya berjenjang sedangan pada rumah gajah baliku keadaan lantainya tidak berjenjang. Hal ini terjadi karena rumah bubungan tinggi untuk bangunan kraton sultan yang memiliki tata nilai ruang yang bersifat hierarkis.
 Pada rumah gajah baliku atap diatas ruang paluaran ( ruang tamu ) memiliki konstruksi kuda-kuda dengan atap perisai ( atap gajah ) dengan lantai ruangan datar sehingga membentuk bangunan ruang yang dinamakan ambian sayup. sedangan pada kedua anjungan sama - sama memakai atap pisang sasikat ( atap sengkuap ).

ini adalah foto maket yang saya buat
 






 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar